6 Tips Memulai Bisnis bersama Sahabat

Memilih sahabat sebagai rekan bisnis saat ini marak dilakukan wirausahawan. Faktor kenyamanan membuat mereka lebih memilih sahabat dibanding mencari mitra kerja orang asing. Simak tips berikut untuk memulai bisnis dengan sahabat.

 

KECOCOKAN KARAKTER
Pilih sahabat yang memiliki karakter yang cocok dengan Anda. Pastikan Anda dan sahabat memiliki visi, misi, dan komitmen yang sejalan serta bertanggung jawab dalam membangun bisnis ini.

 

TENTUKAN BIDANG BISNIS
Hal penting lain adalah memahami minat dan kemampuan masing-masing. Jika ingin membuka bisnis kedai kopi, pilih sahabat yang memiliki minat yang sama di bidang kopi. Pikirkan juga konsep dan tujuan Anda berbisnis.

 

PROFESIONAL
Meski berbisnis dengan sahabat, profesionalitas tetap harus dijunjung. Buat aturan dan perjanjian yang sah agar tidak terjadi konflik untuk hal-hal sepele. Yang terpenting, jangan campurkan masalah pertemanan pribadi dengan bisnis Anda.

 

PEMBAGIAN TUGAS & JABATAN
Untuk menghindari konflik, bicarakan dari awal masalah tugas, dan jabatan. Jabatan ini penting untuk mengetahui siapa yang menjadi pucuk pimpinan. Pembagian kerja dilakukan secara adil untuk mengetahui tugas masingmasing, seperti siapa yang mengurus produksi, keuangan, hingga promosi.

 

MODAL & KEUANGAN
Sebelum memulai bisnis, tentukan soal berapa persen modal yang akan ditanam masing-masing pihak. Dari situ, tentukan juga gaji yang akan didapat, bergantung pada penghasilan dan jabatan kerja. Masalah keuangan harus selalu dibicarakan dengan transparan dan melalui pembukuan yang jelas.

 

SUASANA & TEMPAT KERJA
Bekerja bisa dimana saja, namun carilah tempat yang paling baik secara lokasi dan suasana bagi Anda dan sahabat anda, tentunya dengan suasana dan lingkungan kerja yang baik dapat meningkatkan kinerja perusahaan/bisnis Anda dan sahabat. CN