Oasis in The City


Indonesia secara umum sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik. Terutama dalam bidang ekonomi dan teknologi yang kian berkembang. Ada banyak perusahaan start up bermunculan sehingga meningkatkan kebutuhan unit perkantoran yang representatif. Hal ini pula yang dibidik beberapa penyedia layanan coworking space dengan menawarkan kantor yang efisien, kekinian, dan mampu menjadi solusi atas semua kebutuhan pekerja milenial.

 

 

Menjadikan Oase
Ciputra Group, saat ini sedang mengembangkan satu kawasan bisnis baru di Kemayoran yaitu Citra Towers. Di mana konsep arsitektur ingin menjadikannya sebagai Oasis in the City. Diimplementasikan dengan adanya air terjun dan dikelilingi area hijau, yang menjadikannya oase untuk perkantoran dan retail di pusat kota. Fasad modern yang ramah terhadap lingkungan, yang memadukan pengaturan sirkulasi cahaya dan juga udara yang baik, sehingga lebih efisien dalam pemanfaatan energi listrik.
Konsep lingkungan yang baik menjadi daya dukung dalam menciptakan perkantoran modern yang nyaman. Di mana setiap space ruang terbuka hijau bisa digunakan sebagai tempat bersantai atau bertemu klien secara informal. Citra Towers didesain oleh DYXY, yang merupakan konsultan arsitek dari Amerika Serikat. Hal ini tentunya menjadi sebuah keunggulan, karena didesain oleh konsultan ternama dan berpengalaman, menjadikannya sebagai Kawasan perkantoran yang prestigious.
.

 

Filosofi Desain
Seiring dengan berkembangnya Kemayoran sebagai pusat bisnis baru di pusat Jakarta, Citra Towers hadir menyediakan sebuah konsep perkantoran modern dilengkapi dengan ragam fasilitas yang mumpuni bagi kemudahan pengguna dan pekerja yang berada di Kawasan tersebut. Selain itu, Citra Towers memiliki ruang terbuka hijau yang luas, sehingga dapat dijadikan sarana informal untuk melakukan pertemuan atau sekadar beristirahat melepas penatnya pekerjaan.
Citra Towers memiliki ciri khas khusus dimana area hijau tidak hanya terdapat di ground floor saja, namun juga tersedia di area sunken garden dengan luas lebih dari 2.000 meter persegi yang menghubungkan gedung perkantoran dengan fasilitas retail podium. Selain itu pada bagian Gedung perkantoran terdapat lobby dengan triple height ceiling yang tingginya mencapai 14m. dan yang paling utama ialah bangunan kantor yang menyerupai diamond cut shape, dimana konsep layout interior Citra Towers mengedepankan efisiensi ruang dengan bentuk core yang compact.

 

Green Building
Citra Towers menjadi proyek pertama di Asia Tenggara yang dianugrahi sertifikat Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) dari International Finance Corporation (IFC). Penghargaan ini diberikan karena pemilihan material yang diproduksi secara hemat energi dan pengerjaan yang dilakukan menghemat dalam penggunaan air dan energi.
EDGE adalah sistem sertifikasi penggunaan sumber daya yang lebih efisien pada bangunan baru di negara berkembang, dimana EDGE dapat memberikan solusi teknis kepada pengembang properti menuju konsep bangunan hijau. Sistem ini meliputi dan mempertimbangkan biaya modal dan proyeksi penghematan biaya operasional untuk memperlihatkan manfaat bangunan gedung hijau (Green Building).
Sebagai contoh dalam pengelolaan air, Citra Towers menerapkan konsep zero run off, dimana air hujan yang jatuh dalam kawasan tidak langsung dimasukan ke saluran drainase kota. Tetapi air ditampung dan nantinya dapat difungsikan kembali untuk penyiraman tanaman. Konsep ini juga menjadi salah satu solusi menangani banjir dan genangan pada kawasan, sehingga akan membantu kondisi air tanah agar tetap terjaga.
Berdasar komitmen yang dilakukan Citra Towers untuk menciptakan konsep bangunan ramah lingkungan tersebut, pada akhir 2018 lalu. Citra Towers berhasil mendapatkan pengakuan dengan meraih beberapa penghargaan, yakni “Best Green Office with Environmentally Retail Podium” dari Majalah Property & Bank, dan juga penghargaan dengan kategori “Green Energy & Water Management” dalam ajang Green Property Awards 2018 yang diselenggarakan majalah Housing Estate.

 

Kantor Milenial
Selain rancangan arsitektur dan konsep desain yang mengedepankan lingkungan. Citra Towers juga menghadirkan konsep perkantoran eksklusif dan modern. Citra Towers menghadirkan CreO (Creative Office) yang dirancang khusus bagi pekerja kreatif dan milenial. CreO dilengkapi fasilitas internet cepat, creative lounge, dan business support.
CreO juga dilengkapi Apps yang dapat digunakan untuk mengetahui info billing, pemesanan ruang rapat serta beragam kemudahan fungsi lain yang didapat melalui aplikasi tersebut. Dengan aplikasi ini, Anda bisa meminta sekretaris melakukan pekerjaan sederhana seperti mencetak dokumen, fotokopi, hingga membuat janji pertemuan bisnis. CreO juga memiliki fasilitas sharing receptionist, Creative Lounge dan meeting room yang dapat digunakan untuk rapat.